Jumat, 14 Maret 2014

Profosal Labaong

A.         DINAMIKA KEHIDUPAN MASYARAKAT PENAMBANG EMAS DI DESA HIJRAH, KEC.LAPE LOPOK, KAB. SUMBAWA.

B.          Latar Belakang
Pulau Sumbawa memiliki beberapa titik batu emas yang terbentang dari ujung barat hingga timur, salah satunya yaitu “Olat Labaong”. Olat Labaong terletak di wilayah Desa Hijrah, Kecamatan Lape yang berjarak 2 km dari jalan lintas Kabupaten Sumbawa – Kabupaten Bima (Dila Mengas, 2010).
Batu emas di Olat Labaong merupakan kekayaan tersendiri bagi masyarakat di Pulau Sumbawa, namun kekayaan tersebut tidak akan bermanfaat apabila masyarakat hanya berbangga saja tanpa bertindak untuk menjaga dan melestarikannya. Penemuan batu emas di Olat Labaong telah berhasil memunculkan paradigma baru di kalangan masyarakat sumbawa. Beberapa tahun sebelumya, masyarakat selalu ramai membicarakan berbagai kendala dalam bidang pertanian seperti pupuk langka, pembajakan truk pengangkut pupuk, demonstrasi petani, air irigasi yang tidak bisa diharapkan dan tindakan lainnya yang merugikan petani. Masyarakat sumbawa terkadang resah terhadap mata pencahariannya sebagai petani, mereka menghawatirkan musim paceklik yang berakibat gagal panen. Namun sejak kemunculan Olat labaong, hal itu mulai jarang terdengar, karena Labaong hadir bak dewi penyelamat ekonomi bagi sebagian masyarakat sumbawa. Mata pencaharian mereka beralih menjadi penambang batu emas (Putu Adnyana, 2011).
Aktifitas penambangan emas rakyat memang menjanjikan, tetapi juga meresahkan. Penambangan emas dilakuan secara tradisional, akibatnya tidak sedikit tubuh manusia yang tertimbun tanah ketika menggali batu emas. Jika dibiarkan, maka akan muncul musibah lainnya seperti kriminalitas, kesenjangan sosial, masalah kesehatan dan kerusakan lingkungan yang tidak bisa diremehkan.
 Mengingat besarnya pengaruh Olat Labaong terhadap masyarakat sumbawa, penulis tertarik untuk menelusuri dinamika kehidupan masyarakat penambang emas di desa Hijrah, Kecamatan Lape Lopok, Kabupaten Sumbawa pada tahun 2011.
C.         Alasan Memilih Judul
1.  Alasan Obyektif
Penelusuran sejarah desa Hijrah merupakan topik yang menarik untuk ditulis. Di desa Hijrah terdapat Olat labaong, yang bukan hanya sebagai tempat penambang rakyat, malainkan memberikan deskripsi sebuah dinamika kehidupan sosial bermasyarakat, dan warisan nenek moyang yang sarat dengan nilai - nilai luhur yang perlu dikembangkan, sehingga dapat menjadi pedoman dalam kehidupan bermasyarakat.
Dalam membahas dinamika kehidupan masyarakat desa Hijrah, tentu tidak lepas dari sejarahnya. Sehingga kenyataannya sejarah dapat bermakna ketika dapat dipahami oleh masing – masing komunitas/masyarakat sendiri. Sehingga dinamika sejarah dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi penerusnya ataupun orang lain yang berminat.
2.  Alasan Subyektif
Ketertarikan peneliti terhadap topik penambangan emas di desa Hijrah dan dinamika kehidupan masyarakatnya, sebenarnya telah ada sejak ditemukannaya batu emas pertama kali. Daya tariknya terletak pada perubahan paradigma yang terjadi di masyarakat sumbawa yang mengubah mata pencaharian, bahkan rela kehilangan nyawa demi sebongkah batu emas. Selain itu, didukung pula dengan berkembangnya cerita rakyat tentang olat labaong, yang muncul setelah tempat tersebut telah dieksploitasi besar – besaran oleh penduduk.
Cerita labaong adalah cerita rakyat yang terdapat di daerah Labaong Desa Hijrah Kecamatan Lape Lopok Kabupaten Sumbawa. Cerita tersebut masih terdengar dari masyarakat setempat, khususnya dari para petuah dan keturunan para tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut.
Cerita rakyat tersebut terungkap setelah terjadi pertambangan emas tanpa ijin (PETI). Pertambangan tanpa izin diawali oleh keberadaan para penambang tradisional kemudian berkembang karena adanya faktor kemiskinan, keterbatasan lapangan kerja dan kesempatan usaha. Kegiatan pertambang tanpa izin yang tidak mengikuti kaidah pertambangan yang benar, telah mengakibatkan kerusakan lingkungan, pemborosan sumber daya mineral dan kecelakaan tambang. Di samping itu, pertambangan tanpa izin tidak hanya menyebabkan potensi penerimaan negara bergurang, tetapi juga negara/pemerintah harus mengeluarkan dana yang besar untuk memperbaiki kerusakan lingkungan. Hal - hal yang dicermati adalah pertambangan tanpa izin identik dengan hal - hal negatif. Dengan berbagai alasan tersebut, penulis terdorong untuk mengetahui secara langsung seberapa jauh dampak pertambangan rakyat tanpa izin di olat labaong, terhadap penduduk desa hijrah dan masyarakat pulau sumbawa.
Faktor pendorong lainya yaitu penulis sebagai putra daerah merasa berkewajibaan untuk melestarikan kekayaan budaya yang ada di daerahnya sendiri karena merupakan warisan nenek moyang.
Terdorong oleh kenyataan itulah, maka melalui kesempatan ini peneliti menyumbangkan karya tulisnya melalui skripsi yang berjudul “Dinamika Kehidupan Masyarakat Penambang Emas Di Desa Hijrah, Kec.Lape Lopok, Kab. Sumbawa .
D.         Batasan Judul
Agar judul tersebut tidak menimbulkan multifungsi, maka kata – kata pembentuknya dibatasi maknanya sebagai berikut:
a.     Paradigma adalah cara pandang seseorang terhadap lingkungannya yang dapat mempengaruhi cara berfikir, bersikap dan bertingkah laku. Arti lainnya yaitu seperangkat asumsi, konsep, nilai dan praktik yang diterapkan dalam memandang realita pada sebuah komunitas yang sama khususnya dalam disiplin intelektual.
b.    Mata Pencaharian adalah pekerjaan atau pencaharian utama (yang dikerjakan untuk biaya hidup sehari – hari )
c.     Cerita Rakyat ialah kekayaan budaya yang mengisahkan tentang suatu kejadian di suatu tempat atau asal usul suatu tempat yang dapat berfungsi sebagai hiburan dan suri tauladan terutama yang mengandung nilai – nilai moral.
d.    Tokoh merupakan orang yang penting dalam masyarakat.
e.     Masyarakat adalah sejumlah manusia yang terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama.
f.      Pertambangan Tanpa Izin (PETI) adalah usaha pertambangan yang dilakukan oleh perseorangan, sekelompok orang atau perusahaan yayasan yang berbadan hukum, namun dalam operasinya tidak memiliki izin dari instansi pemerintah dan tidak sesuai dengan undang - undangan yang berlaku.
g.    Lingkungan Hidup merupakan pengertian lingkungan secara umum yang terdiri atas empat unsur yaitu: materi, energi, ruang dan waktu.
h.    Lingkungan Sosial merupakan lingkungan buatan manusia yang terbagi atas lingkungan ekonomi, politik, kebudayaan, agama, pendidikan dan seterusnya.
E.          Perumusan Masalah      
Dengan munculnya keberadaan batu emas di desa Hijrah, serta penambangan rakyat batu emas yang tidak terkontrol. Penulis termotivasi untuk menelusuri dinamika kehidupan masyarakat desa Hijrah yang dianggap sebagai kekayaan daerah Sumbawa dan perlu dilestarikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya yaitu:
a.  Bagaimanakah sejarah terbentuknya masyarakat desa Hijrah ?.
b. Bagaimanakah kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat desa Hijrah?.
c.  nilai sosial budaya apa saja yang terkandung dalam peristiwa penambangan emas di desa Hijrah?.
F.Tujuan Penelitian
Tujuan dari penulis membuat proposal ini adalah:
1.  Menjelaskan sejarah terbentuknya masyarakat desa Hijrah.
2.  Menjelaskan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat desa Hijrah.
3.  Menjelaskan nilai sosial budaya yang terkandung dalam peristiwa penambangan emas di desa Hijrah.
G.        Manfaat Penelitian
1. Dapat mengetahui sejarah terbentuknya masyarakat desa Hijrah, kecamatan Lape Lopok, kabupaten Sumbawa.
2. Mengetahui pengaruh penambangan emas terhadap nilai sosial budaya, serta dampaknya terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat desa Hijrah.
3. Dapat mengembangkan ilmu sastra khususnya dalam bidang cerita rakyat yang merupakan aset budaya daerah Sumbawa
4. Penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi hidup yang cukup berarti dalam pelestarian lingkungan masyarakat sumbawa.




1.  KAJIAN TEORI
1.    Sekilas Tentang Olat Labaong Di Desa Hijrah
Membahas tentang sejarah desa Hijrah dan cerita rakyat “Olat Labaong”, tidak lepas dari sastra daerah yang merupakan modal untuk memperkaya sastra Indonesia. Sastra memiliki nilai budaya yang tercermin dalam perilaku atau tindakan antar individu maupun golongan. Sastra terbagi atas dua bagian yaitu: sastra lisan dan sastra tulisan. Sastra lisan disampaikan dari mulut ke mulut, berisi warisan cerita nenek moyang yang berisi nilai - nilai luhur dan perlu dikembangkan misalnya: mitos, legenda, dongeng, foklor, dll. Sastra tulisan disampaikan melalui tulisan, telah dibukukan dan dibaca oleh publik. Sastra tulisan berasal dari sastra lisan. Telah banyak sastra lisan yang dibukukan, tetapi masih banyak juga yang belum dibukukan. Usaha untuk mengungkapkan dan memaparkan karya sastra yaitu dengan penelusuran terhadap unsur kebudayaan (Raihani, 2010)
Cerita rakyat “Olat Labaong dan sejarah terbentuknya masyarakat desa Hijrah” termasuk sastra lisan (folklor) yang belum dibukukan, namum masih terpelihara di kalangan masyarakat desa Hijrah. Folklor.merupakan sebagian dari kebudayaan, bersifat kolektif yang tersebar dan diwariskan secara turun temurun, berupa cerita tradisional dalam versi yang berbeda – beda, baik dalam bentuk lisan maupun disertai contoh isyarat atau alat bantu (James Danandjaja, 1984 :2 )
Cerita Rakyat Olat labaong sangat populer di wilayah Kecamatan Lape Lopok Kabupaten Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat. Hal ini karena lokasi tersebut merupakan sumber batu emas. Istilah Labaong, diambil dari istilah “Lala Baong” yang merupakan nama seorang putri. Menurut cerita, putri tersebut telah mengasingkan dirinya di sebuah “Olat” (pegunungan) hingga akhirnya meninggal dunia. Makam putri tersebutlah yang diduga merupakan sumber batu emas. Kisah ini hanya sekilas saja, karena penelusuran tentang cerita rakyat “Olat labaong” belum pernah dilakukan sebelummya. Namun tragedi yang terjadi di Olat tersebut cukup menyirat perhatian pemerintah daerah Sumbawa karena telah memakan banyak korban jiwa.
2.  Dampak Perubahan Lingkungan Hidup Terhadap Lingkungan Sosial Masyarakat
Pertambangan tanpa izin di desa Hijrah telah mengubah lingkungan hidup dan lingkungan sosial masyarakat pulau Sumbawa. Lingkungan sosial terbagi atas lingkungan ekonomi, politik, kebudayaan, agama, pendidikan dan seterusnya. Lingkungan dalam arti luas dikenal sebagai lingkungan hidup (alam) (Nurdien, 1982).
Dalam hubungannya dengan kelestarian umat, lingkungan hidup terdiri atas empat unsur yaitu: materi, energi, ruang dan waktu. Unsur materi dan energi berhubungan dengan sumber kebutuhan jasmani manusia dan dua unsur terakhir berhubungan dengan prilaku manusia. Sehingga semakin padat penduduk makin berartilah ruang dan waktu. Hal ini mempengaruhi sukses atau gagalnya perjuangan hidup manusia (Nurdien, 1982).
Goldschmitht dalam pendekatan ekologisnya menulis “perkembangan struktur sosial dan karya cultural manusia merupakan akibat lanjut dari adaptasi manusia kepada yang baru yang dilatarbelakangi oleh perubahan lingkungan dan perkembangan teknologi. Perubahan lingkungan telah merubah semboyan masyarakat dalam melihat ke masa depan. Mereka yang dahulunya berkata “lambat asal selamat, tak lari gunung dikejar”, menjadi “tidak cepat, tidak dapat karena waktu adalah uang”. Sehingga adaptasi manusia terhadap lingkungannya dapat beraspek fisik ataupun moral seperti budaya, gagasan dan prinsip (Nurdien, 1982).
3.  Dampak Kemajuan Ekonomi Terhadap Kehidupan Sosial
Kemunculan batu emas di desa Hijrah bak dewi penyelamat ekonomi bagi sebagian masyarakat Pulau Sumbawa. Mata pencaharian mereka beralih dari petani menjadi penambang batu emas (Putu Adnyana, 2011).
Istilah ekonomi, erat kaitannya dengan kemiskinan. Kemiskinan merupakan suatu situasi, kedudukan dari eksistensi manusia yang mencakup kondisi dan sarana, bersifat statis dan pasif. Perlawanan terhdap kemiskinan merujuk kepada tindakan manusia, perjuangan manusia yang lebih dinamis mengarah pada upaya mereka untuk memperbaiki kondisi hidup mereka yang merupakan inti kebudayaan. Kemiskinan bukanlah sekedar ketidakpunyaan melainkan ketidakmampuan yang berkaitan dengan kekayaan, ketidakmerataan dan ketidakadilan. Kemiskinan dapat menciptakan perubahan pola – pola prilaku dan perubahan norma lama menjadi norma baru, sehingga menimbulkan dampak ke segala bidang atau dikenal dengan perubahan sosial. Beberapa dampak perubahan sosial yaitu (Nurdien 1982):
a.   Terganggunya keseimbangan antara kesatuan – kesatuan sosial dan masyarakat.
b.  Renggangnya hubungan kekeluargaan dalam masyarakat.
Hubungan kekeluargaan mengajarkan kasih sayang, kebebasan, kepatuhan dan kesediaan berkorban. Ciri – ciri ikatan kekeluargaan tersebut biasanya berdasarkan tradisi dan adat istiadat yang kuat, biasanya dijumpai dalam kehidupan masyarakat praindustri, sedangkan dalam kehidupan masyarakat yang lebih kompleks, nilai – nilai yang terkandung dalam ikatan kekeluargaan tersebut semakin berkurang (Nurdin, 1982).
Kemiskinan muncul sebagai akibat dari keterbatasan lapangan pekerjaan atau kurangnya kesempatan berusaha yang sesuai dengan tingkat keahlian/keterampilan masyarakat bawah. Kemiskinan muncul dalam berbagai jenis yaitu miskin secara ekonomi, pengetahuan dan keterampilan.
I.      METODE PENELITIAN
Dalam penulisan proposal ini, penulis menggunakan metode yang sesuai dengan pembahasan permasalahan, adalah:
1.  Observasi Pendahuluan
Sebelum dilakukan penelitian lapangan, akan dilakukan observasi pendahuluan berkaitan dengan obyek. Observasi dalam pengertian sempit adalah mengamati dan mendengarkan prilaku orang lain seiring waktu tanpa manipulasi atau mengontrolnya, dan mencatat temuannya dengan berbagai cara yang memungkinkan untuk dilakukan (Mudjijono,2003:86).
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk memberikan pemecahan masalah yang ada pada cerita berdasarkan data-data. Metode ini menyajikan dan menganalisis data yang diperoleh dari informasi. Pada penelitian ini penulis mendeskripsikan sejarah desa Hijrah dan dinamika kehidupan masyarakat desa Hijrah baik sosial maupun ekonoml. Penelitian akan dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober tahun 2012.
2.  Lokasi Penelitian.
Penelusuran terhadap dinamika kehidupan masyarakat Hijrah dilakukan pada masyarakat Sumbawa, khususnya penduduk desa Hijrah. Jadi salah satu lokasi penelitian yaitu Desa Hijrah yang terdapat di Kecamatan Lape Lopok, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
3.  Sumber Data
Adapun sumber data dalam penelitian historis ini dapat berupa manusia dengan segala aktivitasnya, peristiwa lampau, dokumen dan benda – benda sebagai instrumen penelitian. Oleh karena itu, sumber data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini meliputi:
a.     Informan: untuk memperoleh data informasi lengkap, menyeluruh dan mendalam. Maka diadakan wawancara mendalam pada sejumlah informan yang dianggap mengetahui dan memahami hal yang berkaiatan dengan permasalahan penelitian ini, seperti salah satu keluarga korban yang tertimbun oleh tanah akibat pertambangan emas tanpa izin (liar). Sehinnga diperoleh cerita yang sebenarnya.
b.  Arsip atau dokumen: yang berupa arsip – arsip di kabupaten Sumbawa, catatan pribadi, foto – foto, dll.
c.   Tempat dan peristiwa: meliputi tempat dan juga proses penambangan tanpa izin oleh rakyat.
4.  Metode Pengumpulan data
Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan penulis dalam penelitian ini, adalah:
a.     Metode observasi adalah metode yang mengharuskan penulis untuk turun kelapangan melakukan pengamatan terhadap objek penelitian.
b.    Metode wawancara adalah suatu metode dimana penulis melakukan sebuah wawancara terhadap informan yang dianggap dapat memberikan informasi atau data - data yang mendukung keabsahan cerita yang akan diteliti dengan menggunakan dua macam teknik yaitu.
-     teknik Rekam: yaitu dengan menggunkan tape recorder.
-     teknik catat: yaitu mencata semua keterangan yang berisi cerita dari para informan dengan menggunakan buku tulis dan pulpen.
c.     Metode kepustakaan yaitu: metode yang mengharuskan penulis mencari bahan - bahan referensi buku yang berkaitan dengan pokok penelitian data sekunder penulis.


5.  Metode Analisis Data
Metode yang digunakan dalam menganalisis data penelitian ini adalah metode deskriptif yang didasarkan pada unsur - unsur intrinsik. Dengan langkah - langkah yang dilakukan penulis dalam menganalisis cerita adalah:
a.Menuliskan data yang diperoleh dari lapangan yaitu berupa sinopsis cerita tersebut.
b.                        Mendeskripsikan isi cerita yang merupakan unsur intrinsik sebagai tumpuan analisis dalam mengkaji nilai - nilai sosiologis dalam cerita.
6.  Histografi
Selanjutnya setelah langkah demi langkah seperti penentuan subyek penelitian, pencaharian sumber, kritik sumber, dan interpretasi sumber, maka langkah terakhir yang dilakukan ialah menuliskan fakta sejarah menjadi sebuah kisah selaras dan menarik.
Menurut Gerdiner, fakta sejarah merupakan keterangan baik itu lisan, tertulis, atau berupa benda – benda peninggalan sejarah setelah disaring dan diuji dengan kritik sejarah dan lokasi penelitian.
J.  Kerangka Isi
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN JUDUL
ABSTRAK
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING
HALAMAN PENGESAHAN DEWAN PENGUJI
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN
HALAMAN MOTTO DAN PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB1    PENDAHULUAN
A. Judul
B.  Latar belakang masalah
C.  Alasan pemilihan judul
D. Batasan judul
E.  Perumusan masalah
F.   Tujuan penelitian
G. Manfaat penelitian
H. Kajian teori dan penelitian terdahulu
I.      Metode penelitian
J.     Historiografi
BAB II  DESKRIPSI WILAYAH PENELITIAN
A. Geografi desa hijrah kecamatan lape lopok kabupaten sumbawa
desa Hijrah Kec. Lape dan Desa Langam Kec. Lopok Kabupaten Sumbawa. Lokasi tersebut berjarak 42 km dari Kota Sumbawa besar kearah timur melalui jalan negara Sumbawa Besar - Bima, selanjutnya melalui jalan tanah kearah utara berjarak 1 – 1,5 km dengan akses jalan menuju lokasi melalui 3 (tiga) jalur yakni jalan di desa Langam, jalan di desa hijrah dan jalan di desa Labuhan Kuris. Aktivitas Penambangan dibagi 2 (dua) jenis yakni penambangan dengan metode tambang bawah tanah (gophering/coyoting) membuat lubang dan penambangan bongkah dengan tambang terbuka yang lokasinya berpindah-pindah. Akibat dari penggalian ini semua telah terjadi perubahan permukaan tanah (bukit) menjadi berlubang-lubang dan terjadi tumpukan tanah dimana-mana akibat dari penggalian yang tidak teratur dan tidak sesuai dengan teknik penambangan yang benar.
Selain aktifitas penggalian juga sudah ditemukan pengolahan bijih emas pada daerah sekitar penambangan sampai dipinggir
jalan Negara terdapat unit-unit gelondongan. Jumlah gelondongan sampai saat ini belum terdata secara tepat karena tersebar di beberapa desa dan kecamatan, perkiraan 400 hingga 500 unit gelondongan. Penempatan unit gelondongan di pingggir sungai, saluaran irigasi, halaman rumah dan pinggir jalan. Kegiatan penggelondongan yang dilakukan di sekitar Kecamatan Lopok dilakukan pada tempat-tempat yang dekat dengan sungai mapun kolam-kolam, tujuannya karena untuk memudahkan pengambilan dan pembuangan air hasil penggelondongan yang sebagian besar tanapa melalui pengolahan. Penggelondongan diawali dengan cara memperkecil ukuran batu hasil penggalian sebelum dimasukkan ke dalam tangki gelondongan, selanjutnya setelah ukurannya cukup halus baru dimasukkan ke dalam tangki gelondongan yang diameternya bervariasi dan di dalamnya terdapat besi selinder yang fungsinya menghaluskan batuan pada saat gelondong diputar. Setelah beberapa jam diputar dan batuannya sudah dianggap cukup halus, kemudian dimasukkan air raksa ke dalam tangki gelondongan dan kemudian diputar kembali sampai diperkirakan cukup merata dan air raksanya dapat mengikat emas membentuk amalgam. Selanjutnya batuan hasil penggelondongan yang telah dicampur air raksa disaring, sisa penyaringan berupa air dibuang langsung ke sungai atau kolam-kolam tanpa melalui pengolahan sedangkan sisa saringan berupa pasir halus (puyak) disimpan dalam karung untuk diproses ulang atau dijual ke pembali lain. Endapan emas yang telah diikat oleh air raksa selanjutnya disimpan untuk diproses menjadi emas murni. 
Kegiatan peleburan emas yang terjadi di Kecamatan Lopok langsung dilakukan di beberapa tempat (Toko/Kios) yang dilengkapi dengan alat pelebur amalgam (emas yg diikat oleh air raksa), timbangan, dan uang kontan untuk membayar emas yang dilebur di tempat tersebut dan langsung dijual oleh penambang bersangkutan ke toko/kios yang bersangkutan. Dari hasil pantauan dan wawancara dengan penambang maupun pembelinya (pemilik Toko/Kios), diperoleh angka penjualan minimal dalam satu hari sekitar 1 milyar rupiah.

B. Demografi desa hijrah kecamatan lape lopok kabupaten sumbawa
Kecamatan Lape adalah salah satu Kecamatan di Wilayah Kabupaten
Sumbawa yang terletak di belahan timur Kabupaten Sumbawa dengan luas
wilayah 204,23 Km2
 dengan jumlah penduduk hingga keadaan akhir
Desember 2008 berjumlah 15.815 jiwa. Dengan jumlah penduduk sebanyak 15.815 jiwa dan luas wilayah 204,23 km2
 maka tingkat kepadatan penduduk di
Kecamatan Lape mencapai 77 jiwa perkilometer persegi.
Secara administratif hingga Desember 2008 wilayah Kecamatan Lape
terbagi dalam 4 desa yakni Desa Lape, Dete, Hijrah dan Labuan Kuris. Dari
empat desa yang ada secara geografis hanya satu desa pantai yaitu desa
Labuan Kuris dengan luas wilayah mencapai 67,71 % dari luas kecamatan
dan termasuk dalam desa swakarya. Di kecamatan ini ada tiga desa yang
sudah berklasifikasi desa swasembada, sedangkan yang lain masih desa
swakarya.
Untuk menunjang kelancaran kegiatan administrasi serta menjaga
keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Lape, diperlukan dukungan
aparatur pemerintahan yang memadai. Pada tahun 2008 aparat desa di
Kecamatan Lape sebanyak 28 orang dan kepala dusun sebanyak 17 orang.
Selain itu adanya dukungan anggota Linmas sebanyak 31 orang di tiap-tiap
desa sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah
Kecamatan Lape.

BAB III LATAR BELAKANG SEJARAH DESA HIJRAH
A. Sejarah terbentuknya masyarakat desa Hijrah
                    



PENJELASAN

ATAS
 PERATURAN DAERAH KABUPATEN SUMBAWA
NOMOR  10  TAHUN 2007
TENTANG
PEMBENTUKAN DESA HIJRAH DI KECAMATAN LAPE

I.   UMUM

Desa sebagai kesatuan masyarakat hukum, memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dalam sistem Pemerintahan Nasional dan berada di daerah Kabupaten, sehingga penyelenggaraan Pemerintahan Desa diharapkan dapat mempercepat timbulnya prakarsa dan kreatifitas masyarakat serta mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dengan memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang tersedia.
Dengan telah ditingkatkannya status desa persiapan menjadi desa difinitif maka diharapkan dapat segera terwujudnya Desa yang mandiri sesuai dengan semangat Otonomi Daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, sehingga pelayanan kepada masyarakat yang prima dapat segera terwujud.

A.  Peristiwa penambangan batu emas di Olat Labaong
Labaong adalah nama sebuah bukit/gunung yang terletak diantara kecamatan lape dan lopok bagian utara Kabupaten Sumbawa Nusa Tengara Barat. Gunung labaong juga dikelilingi oleh ladang, sawah, pusat peternakan rakyat  ( lar badi ) dan pemukiman warga hijrah. 
Dalam beberapa bulan terakhir Labaong menjadi pusat penambangan emas oleh barbagai kalangan. Lokasi tersebut dijadikan pusat tambang liar berawal dari sebuah pengakuan irasional dan mistis salah seorang warga didesa Hijrah, yang kemudian mengawali penambangan dengan sembunyi2 dan hanya sendiri. Menurut pengakuan orang yang dimaksud, dia telah memperoleh keuntungan sekitar 1 M, kemudian berita labaong mangandung emas tersebar sampai keseluruh sumbawa bahkan NTB dan Jawa. Seiring dengan tersebarnya potensi labaong , berbondong2 manusia dari berbagai kalangan mulai dari sang buruh, petani, PNS, Politisi, Polisi , TNI dan berbagai macam warna manusia mendatangi labaong untuk menjadi penambang.

            Tehnis Penambangan dan penggalian lubang dilabaong dilakukan dengan sembrawut dan tanpa bekal pengaman apapun untuk penambang, alat yang digunakan oleh penambang cuma berupa masker, lampu senter, palu, betel dan karung. Sementara kedalaman lubang yang digali menacapai 7-20 m, didinding lubang penambang membuat lorong tikus yang mengikuti jalur urat batu yang dianggap mengandung emas. Sedangkan diameter mulut lubang sekitar 1 m dan didasar lubang penambang tanpa sadar membuat ruangan yang makin besar karena dinding lubang dikikis karena dianggap mengandung emas.
            Jumlah lubang yang dibuat disekitar gunung labaong mencapai ratusan lubang dengan pola penggalian yang sama, sehingga gunung labaong memiliki ratusan lorong tikus didalam perut gunung. Dalam setiap lubang, penambang yang masuk sekitar 6 – 30 orang di setiap lubang. Pada minggu2 awal labaong tidak mengambil tumbal namun seiring dengan keserakahan para penambang hingga batu2 penyangga dalam lubang yang dianggap mengandung emas juga ikut diembat oleh para penambang hingga menyebabkan batu yang menjadi atap didalam lorong tikus menjadi keropos, ditambah lagi dengan kondisi lorong yang sama dan bertingkat2 disekitar perut gunung dan jumlah beban berat manusia yang mencapai 7000-an dipermukaan gunung ( belum termasuk berat dosa manusia ) sehingga menyebabkan gunung tersebut setiap hari mengalami longsor, yang setiap longsor selalu menelan korban jiwa. 
            Emas yang diperoleh dilabaong oleh para penambang juga cukup menggiurkan. Dari perkarung batu yang mengandung emas, para penambang mendapat emas dari 3 – 80 gram dan ada juga penambang yang tidak mendapatkan apa2.


B.  Perubahan nilai sosial budaya dalam kehidupan masyarakat desa Hijrah.
Potensi diLabaong mengakibatkan munculnya eksistensi para masyarakat secara bebas tanpa nilai, seperti :
a.     Munculnya eksistensi para preman dan jawara2 kampung untuk mendapatkan keuntungan dengan cara mereka sendiri dan bebas nilai. Hal itu dinplementasikan dengan cara membentuk sebuah organisasi liar disekitar labaong yang mengklaim diri sebagai panitia tambang. Para panitia tambang ini memiliki peran seperti :
1.  Menjual tiket masuk di gerbang lokasi dengan harga tiket Rp. 5000 – Rp.10.000/ motor,
2.    Menarik biaya parkir kendaraan disekitar lereng labaong,
3.  Melakukan jual beli lubang kepada masyarakat dan para pengusaha yang ingin memonopoli 1 lubang dengan harga Rp.300.000-Rp.2 juta/lubang.
4. Menguasai 1 lubang dengan menggunakan jasa para pendatang dari tasik dan sekotong sebagai penggali lubang.

b.   Munculnya reaksi para masyarakat dari berbagai kalangan khususnya para petani untuk beralih profesi menjadi penambang dan memilih meninggalkan ternak dan sawahnya sehingga padi dan palawija yang siap panen ditinggalkan, karena menurut mereka “dengan menambang kita bisa dapat sampai 3 juta / perhari, sedangkan dengan mengurus sawah dan ternak belum tentu mendapat keuntungan sebesar itu sepanjang tahun. Kecamatan Lape dan Lopok yang tahun2 sebelumhya menjadi salah satu lumbung beras Sumbawa, sekarang harus melepaskan prestasi tersebut karena beberapa alasan yang muncul kemudian karena labaong yakni,
-               Ribuan Hektar Sawah dikecamatan tersebut, ditinggalkan oleh pemilik dan penggarapnya sehingga tanaman padi dll rusak begitu saja dan dimakan burung. Bahkan sebagian petani dikecamatan lainpun ikut2an.
-               Para pengusaha2 lokal yang menampung dan membeli hasil pertanian di Kecamatan Lape dan Lopok harus menutup usahanya karena tidak lagi memiliki pekerja dan tak ada lagi petani yang menjual gabah dan hasil bumi lainnya.
d.  Aktivitas tambang yang super liar menyebabkan menjamurnya para pengusaha yang memisahkan emas dari batu yang lazim disebut “mesin gelondong” untuk beroperasi di Tana Samawa dengan liar pula. Limbah gelondong yang tercampur dengan air raksa ditampung.

BAB IV    DAMPAK PENAMBANG RAKYAT TERHADAP LINGKUNGAN SOSIAL MASYARAKAT
A. Dampak kemajuan ekonomi terhadap kehidupan sosial
Berbicara mengenai industri pertambangan baik skalar besar maupun sekalar kecil tentunya akan membawa dampak negatif cukup kompleks yang dirasakan oleh masyarakat, berbagai realita kita saksikan dan rasakan secara bersama – sama melalui dari pelanggaran hak asasi manusia, hilangnya sumber – sumber ekonomi masyarakat, adanya alih profesi masyarakat, meningkatnya kekerasan dalam rumah tangga, sempitnya lahan masyarakat, hilangnya budaya lokal masyarakat ( besiru ). Potensial dampak dampak dari kegiatan pertambangan tanpa ijin lebih spesifiknya masing – masing sektor tersebut adalah sebagai berikut :
2.1.1. Lingkungan :
a.  Aktifitas pertambangan yang dilakukan terus menerus akan berpotensial mengurangi mata air. Saat ini masyarakat sekitar tambang, desa hijrah 1 dan II wilayah olat labaong mulai mengeluhkan tentang debit air sumur yang berkurang. Untuk keperluan mencuci harus ke dusun beru desa hijrah.
b.  Keberadaan Mesin – mesin gelondong dan tong di sembarang tempat mengundang ketidak nyamanan warga. Beberapa mesin di jumpai berada di saluran irigasi, di sekitar bantaran sungai, di areal persawahan bahkan dekat dengan perkampungan warga. Dalam proses pengolahan hasil tambang menggunakan berbagai jenis bahan kimia berbahaya. Bahan kimia tersebut berpotensi akan mencemarkan sumber air yang juga akan berakibat terhadap kesuburan lahan pertanian dan peternakan. Dengan demikian, akan berakibat berkurangnya hasil produksi pertanian dan perternakan.
c.   Penggunaan bahan kimia berbahaya juga mengancam timbulnya berbagai jenis penyakit. Penyakit tersebut bisa di timbulkan dari sumber air, udara, tanah maupun melalui makanan. Jika perairan sudah tercemar, maka prosesnya melalui rantai makanan misalnya dengan memakan ikan yang telah terkontaminasi. Sifat bahan kimia yang berbahaya ini adalah akumulatif, jadi akan berpotensi akan timbulnya penyakit kulit, gangguan saluran pernafasan akut, nyeri sendi, sakit kepala serta yang lebih berbahay adalah penyakit pada perempuan yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan lain – lain.
2.1.2. Ekonomi
        Sebelum labaong di sesaki penambang, masyarakat sekitar menfaatkan lahanya untuk menghampar padi gogo dan melepaskan ternaknya. Bukit seluas 27 hektar ini bila di hitung sekali panen menghasilkan padi gogo seberat 3 ton perhektarnya, kalau 27 hektar  maka menghasilkan 81 ton gabah yang tidak bisa di nikmati oleh masyarakt desa hijrah. Dampak lainya yang timbul adalah meningkatnya harga sembako di sekitar lokasi pertambangan.
        Ancaman pencemaran lingkungan akan mengakibatkan berkurangnnya produktifitas petani, peternak dan nelayan. Sehingga akan menimbulkan disharmonisasi dalam kehidupan rumah tangga yang berpotensi meningkatkan kekerasan dalam rumah tangga.
2.1.3. Sosial / budaya
        Telah terjadi kemerosotan nilai – nilai tradisional dan bentuk ikatan sosial dalam masyarakat sejak adanya aktifitas pertambangan ini. Hal ini terungkap ketika melakukan wawancara dengan beberapa masyarakat di sekitar lokasi tambang yang mengatakan bahwa beberapa kegiatan sosial tidak berjalan seperti biasanya, masyarakat tiddak lagi saling membantu karena yang di pikirkannya adalah menggali bebatuan yang mengandung emas. Norma – norma saling membutuhkan dan ketergantungan di pedesaan mulai menghilang karena masyarakat yang tadinya tidak mau menambang karna malihat hasil yang di dapatkan oleh penambang yang datangnya dari luar desa akhirnya mulai ikut melakukan pengerusakan lingkungannya sendiri sehingga “boat desa” ( kegiatan desa ) ditinggalkan, contohya apabila di desa ada hajatan perkawinan masyarakat berbondong – bondong  mencari kayu bakar guna keperluan memasak, sehingga kini yang punya hajatan harus mengeluarkan uang untuk membeli kayu bakar dan keperluan lainnya.
        Budaya “Basiru”  yang di praktikkan dalam berbagai kegiatan pertanian maupun kegiatan sosial masyarakat lainnya mulai terancam keberadaannya karenapa masyarakat sudah mulai menilai waktu mereka dengan uang. Untuk menanam padi para petani harus mengeluarkan dana yang cukup tinggi dari biasanya. Karena masyarakat di sekita bukit labaong lebih memilih menggali / memburu mas.

BAB V  KESIMPULAN
A. Sejarah Desa Hijrah merupakan karya sastra lisan yang perlu di telusuri untuk menjaga kelestarian budaya daerah sumbawa
B.  PETI (pertambangan tanpa izin) identik dengan kekerasan/premanisme, prostitusi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengingkaran terhadap norma-norma agama.
C.  Perubahan lingkungan telah merubah semboyan masyarakat dalam melihat ke masa depan
D. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.



DAFTAR PUSTAKA

Adnyana, Putu . 2011. ”Pertambangan Rakyat Labaong Sumbawa Besar” http://putunyana.blogspot.com. Diakses pada hari Sabtu, 24 Maret 2012.
Anonim. 2010. Pertambangan Tanpa Izin. http://www.scribd.com. Diakses pada hari Kamis, 29 Maret 2012
Mengas, Dila. 2010. Tambang Emas Rakyat Di Pulau Sumbawa. http://tambangemasrakyatsumbawa.wordpress.com. Diakses pada hari Sabtu, 24 Maret 2012.
Nurdien HK. 1982cBandung: Percetakan Offset Alumni

Raihani. 2010. “Analisis Sosiologis Terhadap Cerita Rakyat Mual Simata Niari”. http://www.repository.usu.ac.id. Diakses pada hari Kamis, 29 Maret 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar